05 /April 2017

PRODUK KHAS SUMATERA BARAT

Sumatera Barat menjadi salah satu daerah pilihan para wisatawan dalam negeri maupun luar negeri untuk dikunjungi. Hal ini dikarenakan Sumatera Barat memiliki kerajinan tangan yang khas dan unik. Selain itu, daerah ini dikenal dengan kulinernya yang sangat lezat. Kuliner yang ada di Sumatera Barat telah terkenal di tanah air Indonesia.


Adapun produk khas Sumatera Barat adalah sebagai berikut: 


1. Rendang 


img-1491488718.jpg

Rendang daging adalah masakan tradisional bersantan dengan daging sapi sebagai bahan utamanya. Masakan khas dari Sumatera Barat, Indonesia ini sangat digemari di semua kalangan masyarakat baik itu di Indonesia sendiri ataupun di luar negeri. 


Selain daging sapi, rendang juga menggunakan kelapa (karambia), dan campuran dari berbagai bumbu khas Indonesia di antaranya Cabai (lado), lengkuas, serai, bawang dan aneka bumbu lainnya yang biasanya disebut sebagai (Pemasak). 


Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga kering dan berwarna hitam pekat. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan santannya belum mengering disebut kalio, berwarna coklat terang keemasan. 


2. Keripik Sanjai 


img-1491488730.jpg

Keripik Sanjai berbahan dasar ubi kayu yang diiris panjang, yang kemudian digoreng dalam minyak panas, kemudian dilumuri saus cabe yang pasti membuat anda keringatan. Nama Sanjai sendiri berasal dari nama suatu daerah yang terletak di Desa Manggih yang ada di Kota Bukittinggi. Hampir seluruh penduduk setempat mengantungkan hidupnya dari mengolah kerupuk sanjai ini. Bentuknya pun beragam, ada yang berbentuk stik. Keripik Sanjai yang berbentuk stik ini memiliki tekstur panjang, minimal sepanjang telunjuk orang dewasa. Kemudian ada juga keripik sanjai yang berbentuk dadu, biasa dikenal dengan Dakak-dakak. 


3. Tenunan Silungkang 


img-1491488741.jpg

Silungkang dikenal sebagai penghasil tenunan songket yang bagus. Tenunan Silungkang mempunyai kelebihan pada motif dan ragamnya. Ada songket ikat, songket batabua, penuh, benang dua, dan songket selendang lebar. Keunikan itulah yang membuat songket Silungkang diminati pembeli dari dalam negeri maupun luar negeri seperti Malaysia dan Singapura. 


4. Batik Tanah Liek 


img-1491488752.jpg

Tanah liek dalam bahasa Minang (Padang) berarti tanah liat. Jadi, batik tanah liek artinya batik tanah liat. Pada dasarnya tanah liat di sini digunakan sebagai media perendam. Prosesnya, kain yang telah dilukis oleh malam (lilin), biasanya direndam dahulu dalam cairan pewarna. Gunanya untuk menghasilkan warna yang kita inginkan. Setelah kering, kain dicelup ke dalam air panas untuk menghilangkan lilinnya. Nah, dalam pembuatan batik tanah liek, cairan pewarna untuk merendam kain adalah larutan air dari tanah liat. Biasanya proses perendaman dengan air tanah liat ini berlangsung selama seminggu. Hasilnya, kain batik memiliki warna dasar cokelat tanah.

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Facebook

Twitter